DESI ANA

HIDUP AKAN LEBIH INDAH JIKA MAU SALING BERBAGI

pengelolaan Kelas Januari 7, 2012

Filed under: REFLEKSI — desiana91 @ 2:49 pm

REFLEKSI : KELOMPOK 2
NAMA : NI LUH DESI ANA
NMP : 1462
SEMESTER : V (lima)

PENGELOLAAN KELAS

Beberapa orang termasuk para ahli pendidikan memiliki pendapatnya sendiri dalam mendefinisikan istilah “pengelolaan kelas” berdasarkan sudut pandangnya masing-masing. Berbagai definisi yang berbeda bukan bertujuan untuk mempersulit definisi dari pengertian kelas, melainkan untuk memperjelas definisi dari istilah itu sendiri. Menurut Made Pidarta pengelolaan kelas dapat ditinjau dari pengertian lama dan pengertian baru, yaitu: (1) Pengertian lama, Pengelolaan kelas adalah usaha untuk mempertahankan ketertiban kelas; (2) Pengertian baru, Pengelolaan kelas adalah proses seleksi dan menggunakan alat-alat yang tepat terhadap problem dan situasi pengelolaan kelas. Guru bertugas menciptakan, memperbaiki, dan memelihara organisasi kelas sehingga individu dapat memanfaaatkan kemampuan, bakat dan energinya pada tugas-tugas individual (Pidarta, tth: 47). Sedangkan menurut saya pengelolaan kelas dapat didefinisikan sebagai suatu usaha yang dilakukan oleh seorang guru dalam mengatur peserta didiknya, menata ruangan kelas dan prosedur pembelajaran agar tercipta kenyamanan dalam kegiatan belajar-mengajar (KBM). Lingkungan fisik tempat belajar mempunyai pengaruh penting terhadap hasil pembelajaran. Suatu tempat dapat dikatakan sebagai ruang kelas tidak hanya dengan ditandai adanya bangku dan meja yang berjejer serta papan tulis yang besar. Lapangan atau bahkan kebun pun dapat dikatakan sebagai kelas, asalkan terjadi kegiatan belajar-mengajar disana. Berbagai fasilitas yang ada dalam kelas hanyalah merupakan suatu cara dalam mengelola kelas agar peserta didik dan guru merasa nyaman saat menjalani kegiatan belajar-mengajar. Penataan ruang kelas dapat meliputi ruangan tempat berlangsungnya proses belajar mengajar, pengaturan tempat duduk, ventilasi dan pengaturan cahaya dan pengaturan penyimpanan barang-barang. Seorang guru tidak dapat memaksakan untuk menerapkan peraturan dalam mengelola kelas sesuai dengan keinginannya sendiri karena kelas bukan hanya sebagai tempat guru melaksanakan kegiatan-kegiatan rutin, tetapi juga sebagai tempat terjadinya interaksi yang bervariasi. Alangkah baiknya jika peraturan yang diberlakukan dalam kegiatan belajar mengajar disepakati terlebih dahulu bersama peserta didiknya, sehingga peserta didik dapat merasa nyaman saat menerima pelajaran. Keberhasilan pengelolaan kelas sangat bergantung pada motivasi guru, sehingga sudah sewajarnya seorang guru memiliki motivasi yang tinggi agar dapat mengelola kelas dengan baik dan tepat. Mengelola kelas merupakan sarana untuk mencapai tujuan yang ingin dicapai dari kegiatan belajar mengajar. Pada dasarnya semua guru melakukan pengelolaan kelasa agar dapat mentransfer ilmunya secara maksimal kepada peserta didiknya.Seorang guru yang perhatian pada perkembangan siswa akan berusaha membantu sebisa mungkin untuk kepentingan peserta didiknya. Kegiatan-kegiatan yang perlu dilaksanakan dalam pengelolaan kelas adalah (1) Mengecek kehadiran siswa, siswa di lihat keberadaannya satu persatu terutama diarahkan untuk melihat kesiapannya dalam mengikuti proses belajar mengajar. Dengan demikian seorang guru dapat mengetahui peserta didikny aang rajin dan malas dalam mengikuti kegiatan belajar-mengajar; (2) Mengumpulkan hasil pekerjaan siswa dan menilai hasil pekerjaan tersebut, dengan cara ini peserta didik akan dapat langsung memperbaiki kesalahan dalam memahami suatu materi dan dapat menumbuhkan motivasinya dalam mencari tahu letak kesalahannya. Penghargaan berupa ucapan selamat kepada peserta didk yang medapat nilai tertinggi juga dapat menumbuhkan semangat bagi peserta didik untuk mempertahankan prestasinya; (3) Mengumpulkan informasi dari siswa, melalui informasi siswa seperti alamat tempat tinggalnya akan dapat sangat membantu jika terjadi hal yang memang harus disampaikan kepada orang tua peserta didik yang bersangkutan; (4) Menyampaikan materi pelajaran, ini merupakan hal yang mutlak dilakukan oleh guru dalam kegiatan belajar-mengajar. Dengan menggunakan metode pembelajaran yang tepat, maka penyampaian materi akan berjalan secara maksimal. Sedangkan hal-hal yang perlu diperhatikan para guru, dalam pertemuan dengan siswa di kelas menurut Dirjen PUOD dan Dirjen Dikdasmen (1996:13) adalah: (1) ketika bertemu dengan siswa, guru harus bersikap tenang dan percaya diri, tidak menunjukkan rasa cemas atau sikap tidak simpatik, memberikan salam lalu memperkenalkan diri, memberikan format isian tentang data pribadi siswa atau guru menyuruh siswa menulis riwayat hidupnya secara singkat, bersikap tenang dan percaya diri, tidak menunjukkan rasa cemas, muka masam atau sikap tidak simpatik, memberikan salam lalu memperkenalkan diri dan memberikan format isian tentang data pribadi siswa atau guru menyuruh siswa menulis riwayat hidupnya secara singkat, (2) guru memberikan tugas kepada siswa dengan tertib dan lancar, (3) mengatur tempat duduk siswa dengan tertib dan teratur, (4) menentukan tata cara berbicara dan tanya jawab, (5) bertindak disiplin baik terhadap siswa maupun terhadap diri sendiri. Selain itu, kondisi sosio-emosional dalam kelas akan memberikan pengaruh yang cukup besar terhadap proses belajar mengajar. Kondisi sosio-emosional tersebut meliputi sikap guru, suara guru dan pembinaan hubungan baik antara guru dengan peserta didiknya. Tujuan dari beberapa hal di atas adalah agar dapat terciptanya suasana/kondisi belajar mengajar yang kondusif (tertib, lancar, berdisiplin dan bergairah), terjadinya hubungan interpersonal yang baik antara guru dengan siswa dan antara siswa dengan siswa, Menghilangkan berbagai hambatan yang dapat menghalangi terwujudnya interaksi pembelajaran dan mewujudkan situasi dan kondisi kelas, baik sebagai lingkungan belajar maupun sebagai kelompok belajar, yang memungkinkan peserta didik untuk mengembangkan kemampuan secara maksimal.

 

Jangan Lupa Comentnya yah kawand :)

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s