DESI ANA

HIDUP AKAN LEBIH INDAH JIKA MAU SALING BERBAGI

PERKALIAN DAN PEMBAGIAN SEDERHANA Januari 12, 2012

Filed under: MATEMATIKA — desiana91 @ 2:38 am

Bagi anak yang baru mengenal perhitungan dalam matematika seringkali menganggap matematika sebagai pelajaran yang sulit, terutama dalam operasi perkalian dan pembagian. Tingkat kesulitan dalam operasi matematika bertahap dari penjumlahan, pengurangan, perkalian dan pembagian. Untuk dapat melakukan operasi perkalian dan pembagian, seorang anak harus menguasai operasi penjumlahan dan pengurangan terlebih dahulu.

Bila seorang anak sudah mahir dalam operasi penjumlahan dan pengurangan, maka operasi perkalian dan pembagian akan lebih mudah untuk dihitung. Untuk menjelaskan perkalian,kita harus menanamkan konsep yang sederhana, tepat dan mudah dipahami oleh seorang anak. Misalkan untuk menghitung 2×3. Terlebih dahlu anda harus menjelaskan makna dari 2×3 tersebut. Sebagian besar orang berpendapat bahwa 2×3 dapat diartikan sebagai penjumlahan bilangan 2 sebanyak 3 kali atau dapat ditulis 2+2+2. Padahal sebenarnya 2×3 adalah penjumlahan 3 sebanyak 2 kali atau dapat ditulis 3+3.

Seorang anak mungkin akan kesulitan dalam menghitung angka yang dikalikan. Untuk itu anda dapat memanfaatkan beberapa alat peraga yang tidak asing bagi anak, seperti potongan pipet atau lidi ( ukuran sesuai keinginan). Untuk perhitungan 2x3 anda dapat memperagakan dengan cara mengambil 3 lidi terlebih dahulu, kemudian tambahkan dengan 3 lidi lagi ( letakkan pada 3 lidi pertama dengan kedua secara terpisah ). Anda dapat menjelaskan kepada anak bahwa karena pengalinya adalah 2, maka pengambilan 3lidi dilakukan dilakukan secara berulang sebanyak 2kali. Setelah itu jumlahkan keseluruhan lidi yang telah diambil tadi sehingga diperoleh hasil 6.

           
         
         
         

Jadi, 2×3 =6.

  Sedangkan untuk operasi pembagian anda dapat menjelaskannya dengan cara yang mudah. Misalkan untuk menghitung 6:2, anda dapat menggambarkan 2 (karena pembaginya adalah 2) buah lingkaran terlebih dahulu. Karena yang dibagi adalah 6, maka kita torehkan garis pendek pada kedua lingkaran tersebut secra bergantian hingga garis berjumlah 6.

Setelah itu hitunglah jumlah garis pada salah satu lingkaran. sehingga didapat hasil 3.

Jadi 6: 2 = 3.

Untuk contoh lain, silahkan dicoba sendiri. Semoga BERMANFAAT

“ GOOD LUCK”

 

2 Responses to “PERKALIAN DAN PEMBAGIAN SEDERHANA”

  1. uyayan Says:

    sangat bermamfaat, makasi infonya ..terus berbagi jangan bosan bosan…
    oia sekalian izin link-nya saya tempel di lapak basazan udikha..

  2. desiana91 Says:

    iah kak.matama.
    tapi mase sedrhana banget nich.
    saia bakal teyus berbagi koc.
    link kakak saia tempel juga nich yah.🙂


Jangan Lupa Comentnya yah kawand :)

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s