DESI ANA

HIDUP AKAN LEBIH INDAH JIKA MAU SALING BERBAGI

Tips-Tips Merawat Laptop Januari 12, 2012

Filed under: TIPS — desiana91 @ 5:51 am

Zaman sekarang tiap orang pasti udah sangat akrab ama benda yang namanya laptop. Mulai dari pelajar, pengusaha sampai pedagang pun memanfaatkan laptop untuk mempermudah pekerjaan mereka. Karena laptop merupakan barang elektronik yang sangat sensitif, maka kita harus pintar-pintar dalam merawat laptop. Naahh, disini saya punya beberapa tips untuk merawat agar laptop tidak cepat mengalami kerusakan.
1. Hati-hati mendownload software gratis dari internet. Terlebih jika software yang seolah-olah suatu antivirus. Gunakan software-software yang telah Anda dapatkan dari paket laptop yang Anda beli. Jika Anda sembarangan menggunakan software dari internet, laptop anda justru dapat kemasukan virus. Jika Anda tetap ingin menggunakan software hasil download, maka pastikan sudah Anda scan software tersebut dengan antivirus yang Anda miliki.
2. Jangan memberikan Penutup apapapun termasuk sarung Laptop pada saat Laptop anda dalam keadaan menyala. Berdasarkan sumber yang saya baca, Processor Laptopnya akan mati karena sirkulasi udara yang tidak ada di bawah permukaan Laptop

3. Ketika akan mengangkat laptop yang sedang terbuka, jangan mengangkatnya sambil memegang pada bagian display/layar, angkatlah pada bagian bawah/keyboard. Hasil ini bertujuan agar tidak terjadu kerusakan pada layar laptop anda.

4. Jangan memasukkan disket pada bagian sudutnya. Memasukkan disket setengah-setengah dapat merusak disk-drive. Begitu juga ketika membuka atau menutup tray drive CD-ROM/DVD-ROM untuk memasukkan atau mengeluarkan disk. Jangan menyentuh lensa pada tray CD-ROM. Peganglah compact-disc pada bagian pinggir, bukan pada permukaan disk.

5. Jangan mencolokkan kabel modem laptop pada PBX (private branch exchange) atau saluran telpon digital. Laptop hanya dapat menggunakan saluran PSTN (public-switched telephone network). Penggunaan saluran telpon selain PSTN dapat merusak modem laptop.
6. Jauhkan laptop dari medan magnet yang kuat, bahan cair dan sumber panas/dingin atau perubahan suhu yang ekstrim.

7. Hindari sinar matahari langsung dan pastikan laptop selalu diletakkan pada permukaan yang rata.
8. Jangan memasukkan laptop yang habis digunakan langsung ke dalam tas laptop. karena laptop yang baru selesai digunakan biasanya masih menyimpan panas berlebih. Jika langsung dimasukkan tas, panas ini tertahan cukup lama dan tidak akan mudah berkurang. Akibatnya akan berpengaruh kepada komponen listrik yang ada di dalam laptop.
9. Jangan letakkan laptop di lantai. Selain karena dengan meletakkan laptop di lantai dapat terinjak dengan tidak sengaja ataupun sengaja, lantai yang kotor dapat menyebabkan debu mudah mengotori laptop. Debu yang masuk ke celah-celah laptop akan dapat menggangu sistem kerja laptop.
10. Tancapkan ke stabilizer listrik laptop Anda. Jika Anda sedang bekerja di laptop dengan menggunakan listrik dan melepas tanpa baterai (biasanya untuk menjaga baterai tidak cepat aus), maka sebaiknya gunakan stabilizer yang bisa mencegah terjadinya tegangan listrik yang tidak stabil ke laptop Anda.
11. Jangan letakkan laptop Anda pada permukaan yang terlalu empuk. Misalnya laptop Anda letakkan pada sofa yang sangat empuk, sehingga laptop menjadi terlihat agak tenggelam di dalam sofa. Ini adalah sangat berbahaya, karena dapat menghambat keluarnya panas dari dalam laptop. Sirkulasi udara akan sangat terganggu di ruang processor.
12. Berhati-hatilah ketika membawa laptop Anda di dalam tas. Jangan menggunakan sembarang tas untuk membawa laptop Anda. Gunakan tas yang memang digunakan untuk laptop sehingga benda-benda lainnya tidak akan menggores bagian-bagian tertentu pada laptop.
13. Jangan pernah berusaha untuk membongkar laptop Anda sendiri. Ini merupakan tindakan yang sangat tidak bijaksana kecuali Anda memang seorang teknisi laptop.. Banyak bagian-bagian yang sangat kecil yang dari pabriknya saja sudah dirakit dengan menggunakan presisi robot. Jika Anda ceroboh, maka laptop Anda bisa rusak parah.
14. Bersihkan laptop secara teratur. Jika laptop terlalu kotor, maka akan menghambat ventilasi udara, sudah minim ruang didalam laptop jangan diperparah dengan sumbatan debu. Selain itu jika terlalu kotor biasanya mengakibatkan layar LCD tergores saat dibersihkan, karena gumpalan debu yang terlindas kain lap.
15. Jangan mencharge laptop secara berlebihan, artinya cabutlah charge dari stop kontak listrik jika baterai telah ful dan charge lagi jika baterai telah berkurang hingga 40-50 %. Hal ini sangat bermanfaat untuk menjaga keawetan baterai dan penghematan energi.
16. Jangan menyentuh layar LCD dengan benda-benda keras seperti ballpoint. Hal ini sering terjadi saat kita secara tidak sengaja menunjukkan sesuatu yang ada di layar LCD saat belajar maupun presentasi.

 

8 Responses to “Tips-Tips Merawat Laptop”

  1. astitirahayu Says:

    keyen,, tapii saya gagK pNya LaptOp kak,,hehe😀

  2. desiana91 Says:

    waaah. beli disaya mau gag,kak??
    saya kasi murah dech. tapi laptop bekas kak.🙂

  3. nandobase Says:

    Nomer 8 sampe 15, saya baru tau ituuu….
    Makasih infonya, yaaa…….🙂

  4. Randeezt Says:

    Nice tips, Thanks shared🙂

    Salam kenal dan persahabatan mba by Sainspedia 🙂


Jangan Lupa Comentnya yah kawand :)

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s