DESI ANA

HIDUP AKAN LEBIH INDAH JIKA MAU SALING BERBAGI

Konsep pecahan Secara Sederhana Januari 19, 2012

Filed under: MATEMATIKA — desiana91 @ 6:24 am

Menanamkan konsep pecahan pada anak mungkin akan sedikit sulit. Bagaimana tidak, anak dituntut untuk dapat menghayalkan suatu bentuk bilangan yang dibagi dengan bilangan lain. Anda harus memberikan konsep yang sederhana pada anak agar nantinya anak tidak menganggap pecahan sebagai materi yang sulit.

Akan lebih baik jika anda menjelaskan konsep pecahan dengan bantuan alat peraga. Alat peraga yang anda pilih haruslah merupakan benda yang tak asing bagi anak agar nantinya anak dapat mencobanya sendiri di rumah. Anda dapat memilih buah dengan bentuk yang simetri seperti jeruk dengan ukuran yang lebih besar.

Untuk menjelaskan bilangan 1/2 , kita dapat memotong jeruk menjadi 2 bagian yang sama besar. Jelaskan terlebih dahulu bahwa buah jeruk dapat dikatakan sebagai bernilai 1.  Setelah jeruk dipotong menjadi 2 bagian yang sama besar, anak akan dapat melihat bahwa kedua potongan jeruk tersebut memiliki ukuran yang sama, yaitu 1/2 dan 1/2 . kemudian anda dapat membandingkan bentuk potongan jeruk dengan jeruk yang utuh dan jelaskan nilai dari masing-masing jeruk.

Sedangkan untuk menjelaskan pecahan 1/4  , anda harus memotong jeruk utuh menjadi 4 bagian yang sama besar. Setelah itu jelaskanlah nilai dari potongan jeruk tersebut dan bandingkanlah dengan jeruk yang masih utuh.

TAMBAHAN

#   Untuk semua pecahan dengan nilai pembilang yang lebih kecil dibandingkan penyebutnya, dapat   diperagakan dengan cara yang sama. Bagilah terlebih dahulu jeruk sesuai dengan jumlah penyebutnya, setelah itu satukanlah potongan jeruk sebanyak jumlah pembilang yang ditentukan.

#       Untuk semua pecahan dengan nilai pembilang yang lebih besar dibandingkan penyebutnya, cara yang dilakukan berbeda dengan cara d atas. Ada beberapa langkah yang harus dilakukan, yaitu:

  • Perhatikan terlebih dahulu nilai penyebut dan pembilang dari suatu pecahan. Untuk dapat menentukan jumlah jeruk yang akn digunakan, carilah nilai kelipatan maksimal pembilang atas penyebutnya. Misalkan untuk 9/5.

Pada pecahan tersebut pembilangnya adalah 9 dan penyebutnya adalah 5. Jadi, untuk menentukan jumlah jeruk yang akan digunakan anda cari berapa nilai kelipatan maksimal dari 5 yang memuat 9 di dalamnya. Setelah dihitung ternyata hasilnya adalah 2(jeruk yang digunakan juga 2).

Kemudian kEdua jeruk tersebut dipotong menjadi masing-masing 5 bagian yang sama besar( sesuai penyebutnya, sehingga ada 10 potong jeruk). Karena pembilangnya adalah 9, maka satukanlah 9 poTongan jeruk tersebut.

Bandingkanlah 9potongan jeruk dengan 2 buah jeruk yang masih utuh agar anak dapat membandingkannya.

GOOG LUCK

 

Jangan Lupa Comentnya yah kawand :)

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s